Skip to content

Perubahan

Maret 30, 2011

Sejatinya setiap orang menolak perubahan, bahkan seorang pemimpin sekalipun – kecuali jika itu adalah ide mereka.
Mengapa orang-orang menolak perubahan?

  • Orang menolak perubahan karena kerugian pribadi setiap kali perubahan tampak muncul.

Pertanyaan pertama yang muncul dalam pikiran orang adalah bagaimana perubahan itu akan mempengaruhi mereka. Misalnya seseorang mengatakan, “saya baru mendengar bahwa atasan memecat beberapa orang hari ini.” Kita tidak mungkin berpikir, aku ingin tahu kondisi-kondisi pasar seperti apa yang menyebabkan keputusan seperti itu? Aku ingin tahu bagaimana hal ini akan mempengaruhi keuntungan atau kerugian perusahaan ini? Kita pasti berpikir, apakah saya termasuk orang yang dipecat? Apa yang harus saya lakukan seandainya saya dipecat? Pada saat-saat menghadapi perubahan, kita tiba-tiba merasa sendiri dan rapuh. Orang-orang optimis berkata, “Tidak apa-apa. Perubahan ini adalah untuk sesuatu yang lebih baik.” Tetapi sebenarnya pasti ada kerugian bahkan dalam perubahan-perubahan positif. Ralp Waldo Emerson berkata, “Untuk segala sesuatu yang Anda peroleh, Anda kehilangan sesuatu.”

  • Orang menolak perubahan karena rasa takut pada sesuatu yang tidak dikenal.

Orang sering menghindari perubahan karena mereka khawatir tentang sesuatu yang tidak dikenal. Apa yang tidak kita ketahui, itulah yang membuat kita takut. Orang sering bergantung pada apa yang mereka ketahui, bahkan jika mereka tidak puas dengannya. Ketakutan menahan mereka, tetapi satu-satunya cara untuk mengatasi ketakutan itu adalah keluar dan melakukan hal yang mereka takut lakukan. Segala sesuatu yang Anda kasihi sekarang, sebelumnya tidak Anda kenal. Jadi, jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru.

  • Orang menolak perubahan karena merasa canggung.

Kapan terakhir kali Anda melakukan sesuatu untuk pertama kali? Itu harus sesuatu yang benar-benar baru. Melihat film baru tidak termasuk karena Anda telah melihat film sebelumnya. Jika Anda tidak dapat mengingatnya, mungkin Anda sedang dalam zona nyaman Anda. Cobalah menuliskan nama Anda dengan tangan yang tidak biasa digunakan untuk menulis. Tidakkah Anda merasa aneh? Anda akan merasa kesulitan menulis dan tulisan Anda menjadi jelek. Itulah yang terjadi dengan perubahan, membuat Anda merasa aneh. Tulisan itu tidak salah hanya berbeda dan itu akan membuat kita keluar dari zona kenyamanan kita.

  • Orang menolak perubahan karena tradisi dan perspektif (cara pandang).

Banyak orang mengandalkan tradisi. Setelah Colombus membuktikan bahwa bumi itu bulat, ia dianggap pahlawan karena menemukan tanah-tanah baru dalam perjalanannya. Namun, pandangan orang tidak lantas berubah dan mempercayai bahwa bumi itu bulat. Banyak orang terus percaya bahwa bumi itu datar. Kemudian ketika mereka mati, generasi selanjutnya mulai mempercayai bahwa bumi memang bulat. Begitulah orang berubah pikiran.
Apa yang harus kita ketahui tentang perubahan?

  • Perubahan akan terjadi dan tidak dapat dihindari.

Hal yang pasti tentang hari esok adalah bahwa hari esok akan berbeda dengan hari ini.

  • Tanpa perubahan, tidak akan ada perbaikan.

Tidak semua perubahan merupakan peningkatan, tetapi tanpa perubahan tidak akan ada peningkatan. Max DePree mengatakan, “kita tidak dapat menjadi apa yang kita inginkan dengan tetap menjadi diri kita apa adanya.” Jika Anda merindukan pertumbuhan, Anda harus menerima perubahan. Jenderal Douglas MacArthur menyatakan, ”Kehidupan adalah proses perubahan yang hidup. Jika Anda belum menambahkan pada minat-minat Anda dalam waktu satu tahun ini, jika Anda masih memikirkan pemikiran-pemikiran lama yang sama, memiliki relasi-relasi yang sama, dapat diramalkan kebekuan mayat kepribadian telah terjadi.” Jika Anda tidak mengubah arah Anda pergi, maka Anda kemungkinan besar akan sampai ke tempat yang Anda tuju. Jika Anda menginginkan sesuatu yang tidak pernah Anda miliki. Anda harus melakukan sesuatu yang belum pernah Anda lakukan. Itu artinya berubah.

Apa yang harus kita lakukan?

  • Buatlah komitmen untuk membayar harga perubahan.

Sidney Howard mengatakan, “Setengah dari mengetahui apa yang Anda inginkan adalah mengetahui apa yang Anda harus lepaskan sebelum Anda mendapatkannya.” Perubahan selalu memiliki harga yang harus Anda bayar, jika tidak dengan uang, mungkin dengan waktu, energi, dan kreativitas. Kenyataannya, jika perubahan tidak menuntut harga apa pun dari Anda, itu bukan perubahan sejati. Sementara Anda berpikir bagaimana membuat perubahan yang diperlukan untuk memperbaiki diri dan bertumbuh, penting bagi Anda untuk mengukur harga perubahan dibandingkan dengan harga status quo. Berapakah harga yang akan Anda bayar karena perubahan-perubahan yang Anda inginkan? Anda harus menghancurkan yang lama untuk menciptakan sesuatu yang baru.

  • Perubahan harus terjadi dalam diri Anda sebelum itu dapat terjadi di sekitar Anda.

Seringkali, jika kita tidak menyukai sesuatu, kita menginginkan perubahan bagi setiap orang selain kita. Kita menolak perubahan. Perubahan yang terjadi di dunia selalu dimulai terlebih dahulu dengan perubahan dalam diri individu. George Bernard Shaw berkata, “Kemajuan tidak mungkin terjadi tanpa perubahan; dan mereka yang tidak dapat mengubah pikiran mereka, tidak dapat mengubah apapun.” Berita baiknya adalah bahwa sekali Anda mendedikasikan diri Anda sendiri pada pertumbuhan dan mengembangkan gaya hidup perbaikan terencana dari dalam keluar, itu akan menjadi normal bagi Anda.

  • Putuskanlah apa yang tidak ingin Anda ubah

Seberapa besar pun keinginan kita untuk berubah, ada beberapa hal yang tidak ingin kita ubah – tidak peduli apapun yang terjadi – seperti iman dan nilai hidup kita. oleh karena itu, mari kita pikirkan hal-hal apa saja yang tidak dapat dinegosiasikan dalam hidup kita. Apakah yang Anda rela perjuangkan dengan resiko hidup dan mati Anda? Tuliskanlah hal-hal yang akan Anda pegang tidak peduli apapun yang terjadi.

Sumber: http://rumahzakat.org/detail.php?id=7983&kd=A

From → Artikel

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: