Skip to content

Bagaimana membayar zakat secara mudah dan tepat sasaran?

Agustus 27, 2010

Zakat adalah bagian dari rukun seorang muslim, artinya bagi yang telah memenuhi ketentuan zakat hukumnya wajib. Di beberapa negara Islam, penunaian zakat ini  ada yang tersentralisasi dikelola oleh negara, untuk kita di Indonesia belum sampai ke level tersebut sehingga perlu bagi setiap organisasi pengelola zakat untuk berusaha keras dan cerdas bagaimana publik memberikan kepercayaannya dan bersedia menitipkan amanah donasinya melalui lembaga tersebut.

Demikian halnya dengan Rumah Zakat, salah satu yang dipersoalkan oleh masyarakat adalah tentang seberapa mudah berzakat bisa dilakukan. Sebagaimana dulu perbankan mengedukasi pentingnya menggunakan jasa perbankan, salah satu yang gencar disosialisasikan adalah tentang kemudahannya. Rumah Zakat membangun setidaknya dengan 4 channel pembayaran.

  1. Brick and Mortar atau kehadiran kantor fisik. Untuk itulah dibuka cukup banyak kantor-kantor cabang untuk menerima pembayaran zakat dan donasi lainnya. Rumah Zakat kini telah hadir di 18 propinsi, 44 cabang, dan 1 kantor pusat.
  2. ZISCo, atau ZIS (Zakat, Infaq, Shadaqah) Consultant. Kami memiliki tim ZISCo offline dan online. Ini adalah tim yang melakukan kontak dan konsultasi bagi donatur. Tim offline akan datang secara fisik membantu menjemput donasi dan memberikan bantuan layanan, jika tidak dapat bertemu secara langsung, ZISCo akan mengarahkan untuk membayar secara online seperti menggunakan jaringan perbankan. Sementara tim online akan membantu donatur atau calon donatur baik untuk kepentingan berzakat/berdonasi maupun konsultasi lain seputar Rumah Zakat.
  3. Superinfaq atau juga disebut Philanthropy Centre, yaitu kotak kemanusiaan berbentuk rumah-rumahan yang disimpan di rumah donatur maupun beberapa titik lokasi usaha. Donatur dapat secara mudah mengisi kotaknya baik harian, pekanan yang kemudian setiap bulan atau periode khusus tertentu akan di-collect oleh ZISCo.
  4. Payment Channel, seperti kemudahan pembayaran via bank : transfer via bank, transfer via ATM, via kartu kredit, maupun pembayaran online : paypal. Kami juga membuka layanan bersama bank-bank syariah melalui program Ayo ke Bank, Berzakat di Teller Kami. Jadi para nasabah setiap perbankan yang menjadi mitra kerjasama ini dapat juga berzakat melalui teller bank tersebut. Bank-bank yang telah bekerjasama antara lain : BCA Syariah, BNI Syariah, PermataBank Syariah, Bukopin Syariah, CIMB Niaga Syariah, BII Syariah, Bank Mega Syariah, Bank Jabar Syariah, OCBC NISP Syariah, Muamalat, BTN Syariah, BRI Syariah.

Rumah Zakat juga bermitra dengan banyak perusahaan dan komunitas untuk mengkoordinir pembayaran zakat, diantaranya melalui skema payroll zakat (zakat gaji karyawan) maupun donasi komunitas yang kemudian disalurkan melalui Rumah Zakat.

Rumah Zakat terus membuka peluang layanan bersama beberapa mitra khususnya jasa keuangan sehingga berzakat pun akan semakin mudah dan luas.

Supaya tepat sasaran, kita terus memajukan program pemberdayaan yang dikonsentrasikan melalui ICD (Integrated Community Development) atau wilayah pemberdayaan terpadu yang kini telah ada di 121 titik seluruh Indonesia, berbasis kelurahan atau kecamatan. Di wilayah inilah Rumah Zakat mengkonsetrasikan penyaluran dan optimalisasi program pemberdayaannya dalam 3 fokus utama : Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan masyarakat terutama ekonomi dan kepemudaan). Selaras dengan fokus Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) yang pada tahun 2009 posisi kita berada pada posisi ke-111 dari 182 negara. Ditargetkan setiap ICD bisa menghasilkan minimal 40 KK yang mandiri. Tahun ini Rumah Zakat menargetkan terbentuknya 1500 Keluarga Mandiri.

Dari pembinaan dan pemberdayaan inilah diharapkan penyaluran dana zakat maupun donasi lainnya bisa lebih tepat sasaran. Untuk setiap ICD ini ada MRO (Member Relationship Officer) dan MBO (Micro Business Officer). MRO bertugas mensurvey, memberikan pendampingan, pembinaan agar para penerima manfaat benar-benar tepat dan programnya pun berjalan dengan baik dan berkelanjutan.Sementara MBO memastikan setiap KK penerima manfaat terdampingi melalui program pemberdayaan ekonomi.

(sumber: tim Rumah Zakat)

www.rumahzakat.org

About these ads

From → Zakat

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: